Mengenai Saya

Foto saya
Saya seorang mahasiswa yang memfokuskan diri pada lingkungan sosial, apapun bentuknya. Saya juga menyukai musik dan saya membuat musik, saya suka menulis dan saya membuat tulisan tentang apa saja yang saya sukai, saya seorang mahasiswa yang biasa-biasa saja, saya mencintai keluarga dan teman-teman saya.

Rabu, 12 Januari 2011

Nongkrong

Nongkrong
                 
               Dalam tulisan gw yang sebelumnya “Ayah”, gw menjanjikan untuk membahas tentang fenomena “nongkrong”. Nah gw adalah orang yang percaya pada setiap hal yang kita lakukan tidak ada yang sia-sia, termasuk nongkrong. Gw berbeda pendapat dengan pandangan orang-orang bahwa nongkrong adalah suatu kegiatan yang hanya menghabiskan waktu saja. Nongkrong bagi kebanyakan orang adalah suatu kegiatan yang tidak berguna.
                Bagi gw definisi nongkrong adalah suatu kegiatan yang dilakukan sendiri atau beramai-ramai dengan cara duduk santai disuatu tempat yang ramai (biasanya). Isi dari nongkrong itu paling hanya ngobrol, ketawa-ketawa, dan ngeceng (ngeliat2 cewe ataupun cowo), dan pengamatan (entah pengamatan apapun itu).
                Nah dari definisi diatas banyak orang tidak setuju dengan kegiatan nongkrong ini, kenapa?! Yah tadi yang udah gw bilang, ngabisin waktu! Buang-buang waktu! Mereka berpendapat bahwa masih ada hal yang lebih berguna yang bisa kita lakukan selain nongkrong! Gitu katanya... Tapi bagi gw, semua itu (isi dari nongkrong) sangat berguna! Kenapa?! Yah sebenernya cara pandang sih, semua orang mempunyai cara pandangnya masing-masing untuk melihat suatu fenomena, bahasa kerennya sih Paradigma. Paradigma adalah semua bentukan dari sebuah kata yg memperlihatkan konjugasi dan deklinasi kata tersebut, model dalam teori ilmu pengetahuan, kerangka berpikir (kamus Bahasa Indonesia). Ok gw jelasin kenapa gw bilang nongkrong itu ga selamanya buang-buang waktu. Kita liat dari isi dari nongkrong itu ada ngobrol, ketawa-ketawa, ngeceng, dan pengamatan.
1.    Ngobrol
Gw mendefinisikan ngobrol adalah komunikasi antara 2 orang atau lebih (klo sendirian berarti gila hahahahaha). Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami, hubungan, kontak, perhubungan (Menurut kamus Bahasa Indonesia).
Dari Definisi tentang ngobrol diatas kita bisa mengambil sisi positifnya adalah kita bisa menjaga tali pertemanan atau persahabatan, kedua kita bisa saling bertukar informasi, ketiga kita bisa saling mengerti satu sama lainnya, keempat kita bisa mendengarkan atau mengungkapkan keluh kesah (curhat).
Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam Proses Sosial. Apa itu Proses Sosial? Proses Sosial adalah cara-cara berhubungan yang dilihat apabila orang-perorangan dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk-bentuk hubungan tersebut atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan-perubahan yang menyebabkan goyahnya pola-pola kehidupan yang telah ada. Bentuk umum dari proses sosial adalah interaksi sosial. Interaksi Sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial, karena tanpa interkasi sosial, maka tak akan mungkin ada kehidupan bersama.

Dua Syarat terjadinya interaksi sosial :

a)      Adanya kontak sosial (social contact), yang dapat berlangsung dalam tiga bentuk.Yaitu antarindividu, antarindividu dengan kelompok, antarkelompok. Selain itu, suatu kontak dapat      pula bersifat langsung maupun tidak langsung.
b)      Adanya Komunikasi, yaitu seseorang memberi arti pada perilaku orang lain, perasaan-perasaan                apa yang ingin disampaikan orang tersebut. Orang yang bersangkutan kemudian memberi reaksi          terhadap perasaan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut.


2.    Ketawa-ketawa.
Jelas banget ini sangat penting! Kenapa? Karena ketawa sangat berguna bagi manusia.

FUNGSI TERTAWA :
1. Melancarkan Aliran Darah.
2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung.
3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.
4. Menghasilkan Hormon Endorphin, sebagai obat penenang alami.
5. Memijat Paru-Paru dan Jantung.
6. Menurunkan Stress.
7. Meningkatkan Kadar Oksigen (O2) dalam darah.
8. Mengkontrakskan 80 titik-titik saraf.
9. Melemaskan Otot-otot.
10. Meringankan Konstipasi.
11. Menurunkan Tekanan Darah.
12. Menstimuli Otak Kanan dan Kiri.

Sehat itu murah, mudah dan gratis. Untuk diketahui bahwa hanya dengan 1 menit tertawa sama dengan 20 menit Anda berolahraga mengeluarkan keringat. Tertawa alami, tertawa disengaja atau dipaksa, tertawa juga mempunyai efek yang sama.
Gimana?! Keren kan fungsi dari tertawa itu?!

3.    Ngeceng.
Nah ini hal yang menjadi alasan orang banyak kenapa mereka suka nongkrong ditempat yang ramai, apalagi klo cewe2nya oks banget! Hahahaha…
Ngeceng adalah dimana kita bisa sekedar melihat-lihat lawan jenis dengan maksud berkenalan atau yang lainnya. Disini proses sosial dan interaksi sosial terjadi (hahahahaha tapi beneran loh!). Disini juga kita bisa mengenal orang lain, karena semakin banyak kita mengenal orang lain kita bisa semakin mengenal orang-orang dengan karakter-karaketer yang berbeda. Semakin banyak mengenal orang lain juga berguna dalam kehidupan kita, kenapa? Karena hidup kita tidak monoton!
Yah banyak kisah dari hal yang satu ini, karena bisa aja ada yang sampe jadian dan ada juga yang tetap jadi loser! Hahahaha… Tapi ngga masalah walaupun jadi loser, tetap ada hal lain yang bisa dipetik, yaitu kita jadi tau bagaimana rasanya jadi seorang loser, kita dapat pengalaman baru dalam proses kehidupan, kita bisa memperbaiki kesalahan kita dimasa akan datang supaya tidak menjadi seorang loser lagi. Bener ga?!

4.    Pengamatan
Pengamatan adalah pengawasan terhadap perbuatan (kegiatan, keadaan) orang lain, perbuatan mengamati dengan penuh, penelitian, kesadaran yg tertuju kepada peristiwa atau fakta tertentu sebagai metode dalam penelitian. (Kamus Bahasa Indonesia).
Tanpa kita sadari selain dari 3 hal diatas, kita juga sedang melakukan pengamatan. Dalam nongkrong ada aja jenis pengamatannya. Klo gw, sering banget gw melakukan pengamatan yang tanpa gw sadari adalah mengenai tulisan-tulisan gw. Misalnya gw ngeliat seorang perempuan yang lagi jalan, gw akan mendeskripsikan dia sebebas-bebasnya, misalnya seorang perempuan itu adalah mahasiswa FIKOM yang sangat malas dalam kuliah, IPKnya ga lebih dari 1, tapi sebenernya dia adalah seorang perempuan cantik yang jenius dalam hal seni, dia sangat berbakat menulis dan melukis, walaupun IPKnya jeblok parah, dia sudah bisa menghasilkan berpuluh-puluh juta dari hasil tulisan dan juga lukisannya dalam setahun. Contohnya seperti itu.
Ada juga pengamatan yang bersifat mencela, contoh kasus misalnya ada seorang laki-laki sedang berjalan dengan pacarnya yang sangat cantik, posisi wajah antara si cowo dan si cewe sangat jomplang sekali! Pengamatan yang dilakukan kebanyakan anak nongkrong adalah mencela si cowo! “Gila pake dukun mana nih cowo!”, atau “Anjrit tuh cewe, BUTA kali matanya!, atau “Wasssuuuu, Nih cowo pasti tajir parah! Anak menteri apa gitu, atau bokapnya direktur perusahaan mana, atau juga orangtuanya korupsi gede-gedean!”. Hahahaha semua itu adalah pengamatan tanda tak mampu dari kebanyakan anak nongkrong! Hahahaha… tapi sisi positifnya adalah penyemangat bagi mereka, “masa tuh cowo yg mukanya biasa aja bisa dapet cewe cantik kaya gitu, masa gw ngga!”. Penyemangat kan?!
Ada juga pengamatan terhadap orang-orang sekitar, misalnya hal yang terjadi pada gw yang pernah gw tulis dalam notes gw yang berjudul “ayah”, itu juga adalah hikmah dalam kegiatan nongkrong gw, hikmah bagi si Bapa, dan juga hikmah bagi gw karena gw bisa belajar betapa sulitnya menjadi seorang ayah.

          Kesimpulan dari tulisan gw ini adalah setiap hal yang kita kerjakan tidak pernah ada yang sia-sia! Selalu aja ada hal yang bisa kita ambil dari kegiatan itu. Sekalipun nongkrong bagi kebanyakan orang adalah hal yang membuang-buang waktu atau hal yang tidak berguna, tapi gw bisa menjelaskan kegunaan dari nongkrong dari perspektif yang berbeda. Tapi Inget! Sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tetep aja ga sehat dan ga baik, jadi jangan setiap hari juga lo nongkrong, jangan setiap jam juga lo nongkrong, nongkronglah dengan bijak! Hahahaha... Lakukan apa yang mau lo lakukan! Jangan pernah takut, karena pandangan orang lain! Kaya motonya Nike “Just Do It!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar